Selasa, 26 Mei 2015

Rizka Sitanggang, Berkarya Untuk Negara Tercinta

Keberhasilan seseorang dalam menjalani hidup harus dibarengi dengan sebuah prinsip dan kesungguhan menjalankannya sebagai pedoman dalam menjalani hidup. Hal inilah yang dibuktikan oleh Rizka Gusti Anggraini Sitanggang, gadis muda kelahiran Medan, 5 Januari 1997, berangkat dari sebuah prinsip “Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain nya.” Prinsip inilah yang ia tanamkan dalam dirinya semenjak duduk di bangku SMP.          
Rizka Gusti Anggraini Sitanggang yang akrab disapa Rizka ini tercatat sebagai mahasiswa aktif di Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) stambuk 2014. Gadis muda yang memiliki hobi menulis ini telah menyimpan segudang prestasi yang membawanya mengenal dunia lebih luas lagi.
“Salah satu yang menjadi motivasi saya untuk bisa melangkah lebih maju adalah ibu saya, selama semangat masih ada saya akan memberikan yang terbaik untuk orang tua. Kemudian saya fokus terhadap tujuan yang akan dicapai berdasarkan prinsip hidup saya tadi, manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain oleh karena itu saya selalu berpikir apa yang sudah saya lakukan dan apa yang akan saya lakukan kedepannya yang lebih bermanfaat”. Ujar anak tunggal ini.
Kebiasaannya menulis sejak SMA dan sering mengikuti berbagai perlombaan menulis karya ilmiah alhasil dari perlombaan tersebut tak jarang karya nya terpilih sebagai pemenang. Hal inilah yang membuat Rizka semakin terpacu dan menekuni kemampuannya dalam menulis, karena menurutnya menlis adalah hobi yang berkelas. “Sejak SMA saya hobi menulis dan sering mengikut lomba menulis karya ilmiah, dan karya ilmiah yang saya kirim sering keluar sebagai pemenang, karena menurut saya menulis itu adalah hobi yang murah namun berkelas,” ujar Rizka.

Hingga pada suatu saat karya tulisnya dengan judul ‘Penggunaan Teknologi di Kalangan Mahasiswa’ mampu menjadikannya sebagai pembicara di Microsoft Sparks Live di Jakarta-Bogor. Selama kegiatan itu Rizka memberikan materi di depan para delegasi dari berbagai Negara dan memimpin Focus Grup Discussion (FGD) yaitu diskusi mengenai topik tulisan yang dibuat nya. Ia menuturkan “Saya sangat senang dan bangga ketika memimpin dan mengisi materi pada kesempatan itu, terlebih lagi dengan usia saya yang waktu itu masih 17 tahun dan sekarang 18 tahun sudah punya teman akrab dari berbagai belahan dunia, bisa bertemu dengan orang-orang hebat dan di sana juga kita di akui sebagai orang-rang hebat juga,” tambah Rizka dengan semangat.
Melalui karya tulisnya, Rizka menjadi salah satu Keluarga Besar Indonesian Student Youth Forum (ISYF). Dengan pengalaman dan prestasi yang ia miliki, Rizka ingin menginspirasi banyak orang terlebih kepada anak-anak muda masa kini. Dengan menjadi salah satu sukarelawan (volunteer) di Kelompok Kerja Sosial Perkotaan (KKSP) di Padang Bulan, Medan. Melalui wadah ini, Rizka mengumpulkan anak-anak jalanan yang kurang mampu lalu memberikan mereka pendidikan dan motivasi agar terus berkarya dan berprestasi, kemudian ia bercita-cita untuk mendirikan sebuah sekolah gratis bagi anak-anak yang kurang mampu di masa depan.
“Harapan saya kepada generasi muda saat ini, cobalah berdiri, bicara dan bertindak, jangan takut bermimpi dan jangan malu bermimpi, sebab selama hayat dikandung badan, selam semangat bersemayam di hati selama itu pula mimpi mu takkan pergi meninggalkan mu. Lebarkan langkah dan luaskan pandangan kalian, kalau bukan kita siapa lagi”, tutup Rizka dengan optimis.

Biofile
– Nama                        : Rizka Gusti Anggraini Sitanggang
– Panggilan                 : Rizka
– TTL                          : Medan, 5 Januari 1997
– Alamat                     : Jl. Besar Namorame Gg. Sejarah No.107 Dusun IV, Desa Deli Tua
  Kecamatan Namorambe, 20356 Medan
– E-mail                       : rizka.tes@gmail.com
– URL/ twitter / facebook: rizkagustianggrainisitanggang.tumblr.com / @rizkagustiastg /
        Rizka Gusti Anggraini
– Status pendidikan    : Mahasiswa S-1 Jurusan Ilmu Komunikasi USU
– Hobi                         : Membaca, menulis dan traveling
– Suku                         : Batak Toba
– Kewarganegaraan    : Indonesia

Prestasi yang telah di raih:
-Runner Up Abacus Aritmatic Sempoa
Tahun 2007
– Winner Abacus Aritmatic Sempoa
Tahun 2007
-Winner Abacus Aritmatic Sempoa
Tahun 2008
-Winner Best of The Best Student Abacus Aritmatic Sempoa, tahun 2009, Di Singapore
– Runner Up Abacus Aritmatic Sempoa (Hardiknas) tahun 2009
-Penghargaan sebagai Siswa Berprestasi Terbaik dalam pencapaian Olimpiade Matematika Regional Sumatera Utara, tahun 2011
– Socialization about Environment Engineering, tahun 2012 Di Beijing, China
-Parlemen Remaja Nasional, tahun 2013
-Microsoft Youth Sparks Live, tahun 2014
– Banda Aceh Development Youth Forum tahun 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar