Sabtu, 05 November 2011

Belajar Bahasa Esperanto Bersama Tatjana


        Kedatangan Tatjana, seorang esperantis asal Rusia, telah memberi kami semangat untuk belajar bahasa Esperanto walaupun hanya dimulai dengan sedikit orang. Tatjana datang ke Medan dari tanggal 16 Agustus hingga 20 Agustus 2011. Kelas untuk belajar diadakan di rumah teman yang bersedia menjadikan tempatnya sebagai tempat belajar bahasa Esperanto. Tidak seperti kota-kota Indonesia yang lainnya, perkembangan grup Esperanto di Medan agak sedikit lambat. Tetapi Semua itu adalah suatu proses dan semua proses ini adalah sebagai langkah awal kami untuk mewujudkan grup esperantis di medan yang telah hilang sebelumnya di tahun 1920-an.

Lernu! / Belajarlah!


        Belajar- mengajar diadakan di rumah, sehingga suasana belajar lebih kondusif saat Tatjana datang ke Medan. Di mulai dengan alfabet, lagu, tata bahasa dan kosa kata diberikan saat pelajaran berlangsung. Tiga hari kami belajar di rumah dari teman yang bersedia menjadikan tempat tinggalnya sebagai tempat belajar bahasa Esperanto untuk sementara.

Belajar Esperanto di Rumah

        Hari terakhir Tatjana menampilkan sebuah dokumentasi perjalanannya berkeliling seputar kota-kota di Rusia. Semua teman-teman melihatnya dengan muka ceria. Dan hari terakhir ditutupi dengan menunjukkan semua brosur tentang bahasa Esperanto di negara-negara Eropa, seperti brosur Esperanto dalam bahasa Prancis, Jerman, dan Rusia.

Hari Terakhir Belajar

        Pergerakan Esperanto di Medan masih tergolong kecil. Tetapi semangat kami menyampaikan tentang Esperanto sebagai bahasa netral dan mudah dimengerti, tidak akan pudar. Semua ini berkat teman-teman yang mendukungnya sepenuh hati. Esperanto estas facila kaj neŭtrala lingvo, do lernu! Esperanto adalah bahasa yang mudah dan netral sehingga belajarlah!

 Esperanto! Mi amas vin! / Esperanto! Aku cinta kamu!


1 komentar: