Senin, 19 Januari 2015

BISA ESPERANTO, BUAT HEMAT UANG



Medan, Koran Tribun (Minggu, 18 Januari 2015)
Ketua Komunitas Aurora Movado, Muhammad Dahrul Azmy (19) mengatakan banyak manfaat yang diperoleh jika mahir berbahasa Esperanto. Misalnya tiap berkunjung ke negara lain yang ada Esperantisnya (orang yang bisa Bahasa Esperanto) lebih diutamakan dan dihormati.
Dahrul menuturkan, juga akan dipermudah dan bahkan bisa mendapatkan potongan harga untuk penginapan hotel dan lain-lain. “Keuntungan lain kalau kita mau keluar negeri dan malas mengeluarkan kocek (uang) untuk biaya hotel yang lebih, Esperantis di daerah tersebut nantinya selalu menawarkan kita penginapan murah atau bahkan gratis. Hitung-hitung asset travel di luar negeri,” ujar Dahrul, di Medan, beberapa wakt lalu.
Meskipun tidak kenal dengan Esperantis negara lain, namun mereka menganggap setiap yang menggunakan bahasa Esperanto akan dianggap seperti saudara mereka. “Walaupun kita sama-sama tidak kenal, tapi semua Esperantis dunia kalau bertemu ya seperti saudara. Makanya bisa dapat murah atau bahkan lebih seringan gratis,” katanya.
Anggota Komunitas Aurora Movado lain, Reza Pahlevi menuturkan bahasa Esperanto adalah bahasa artificial atau bahasa buatan. “Nah, pencipta bahasa ini adalah seorang Polandia bernama Dr. Ludwig Lazarus Zamenhof, Dokter asal Warsawa, Polandia, pada 1887. Pada masa mudanya di Warsawa, Polandia, Zamenhof tinggal di lingkungan yang multietnis yang menggunakan banyak bahasa,” ujar Reza Pahlevi.
Akibatnya, lanjut Reza, sering terjadi pertikaian antara etnis karena komunikasi yang kurang efektif. Akhirnya, Zamenhof memutuskan untuk menciptakan sebuah bahasa yang mudah dipelajari. “Tujuannya ntuk menghentikan pertikaian yang terjadi karena masalah bahasa dan membuat satu bahasa netral, bahasa yang tidak dimiliki oleh negara atau etnis tertentu tetapi milik semua orang, untuk menjadi bahasa internasional pada nantinya,” ungkapnya lagi.
Menurutnya, Esperanto lebih mudah dipelajari daripada bahasa Inggris. Tata bahasanya pun sangat mudah. Kalau bahasa Inggris menggunakan 5 tenses, ini hanya 3 saja. “Ada dua juta penutur bahasa Esperanto di seluruh dunia dan berkembang. Bahkan bahasa ini dianggap bahasa gaul dunia dan diharapkan menjadi bahasa pemersatu dunia,” ujarnya.
Dahrul mengatakan, beberapa waktu lalu mereka mendapat donasi dari Jepang. Mereka diberi sumbangan untuk membangun rumah Esperanto di Medan. “Donasi kita dapat dari kongres waktu di Jepang tahun lalu. Waktu itu, Reza Pahlevi mewakili kita untuk Kongres di Jepang dalam mempresentasikan bagaimana perkembangan Esperanto di Indonesia termasuk di Medan. Dan mereka pihak Esperantis di Jepang memberikan bantuan donasi untuk rumah Esperanto di Medan,” katanya.

Terdengar Seksi


Selama bergabung dengan Komunitas Aurora Movado, Ketua Komunitas Aurora Movado, Muhammad Dahrul Azmy menganggap menguasai bahasa asing lebih keren dibandingkan dengan hal lain. “Mempunyai motor gede, merokok, mempunyai cewek cantik, bagi orang lain itu menarik, namun bagi saya bahasa Esperanto lebih keren dibandingkan dengan hal tersebut,” katanya.

Dahrul mengatakan, Esperanto terdengar sangat seksi. Begitu juga dengan nyanyian-nyanyiannya.Ia menilai, mengucapkan bahasa Esperanto serasa orang Eropa. “Bagiku bahasa Esperanto itu seksi. Berbeda dengan bahasa yang lain. Begitu juga dengan nyanyian bahasa Esperanto. Berasa kita tinggal di Eropa abad ke-16,” ujarnya.


Biografi Komunitas 
Nama : Komunitas Aurora Movado
Berdiri : 15 Desember 2012
Ketua : Muhammad Dahrul Azmy
Anggota : 40 orang
Visi misi : Mengikutsertakan pemuda sebagai agent of change dalam perdamaian dunia melalui Esperanto
Kegiatan : Diskusi Esperanto dan perencanaan social project untuk anak-anak yatim

Beberapa Contoh Bahasa Esperanto
Dankon  : Terima Kasih
Mia nomo estas Dahrul : Nama saya adalah Dahrul
Mi loxgas en Medano : Saya berasal dari Medan
Mi havas nau-dek jarojn : Umur saya 19 tahun

Mia sxatokupo estas vojago : Hobi saya adalah traveling

2 komentar:

  1. Aku mau blajar esperanto tp gmana caranya? Soalnya jarang yg nggunain jg

    BalasHapus
  2. Aku mau blajar esperanto tp gmana caranya? Soalnya jarang yg nggunain jg

    BalasHapus